SEJARAH BRAVO RC 100
Suzuki Bravo, Motor Bebek 2-Tak Terlama di Indonesia
Suzuki Bravo merupakan model facelift dari RC 100 yang pertama kali dirilis Suzuki di era pertengahan 1990-an. Dengan rentang produksi antara tahun 1994 hingga 2002, Suzuki Bravo bisa dibilang merupakan generasi Suzuki RC dan juga motor bebek tipe 2-tak yang paling bertahan lama di pasaran Tanah Air.
Sebagai generasi facelift dari Suzuki RC 100, Bravo tidak mengalami beberapa perubahan desain bodi yang signifikan. Motor ini masih mengusung lampu depan dengan bentuk kotak, lampu belakang yang sama, serta model jok dengan desain garis-garis. Meski begitu, bodi Bravo secara keseluruhan agak berbentuk membulat dan kompak, sedikit berbeda dengan model RC 100 yang terkesan kaku dan kotak.
Untuk sektor jantung pacu, tidak ada perbedaan antara Suzuki Bravo dengan Suzuki RC 100. Suzuki tetap membekali motor ini dengan mesin tipe 2-stroke, silinder tunggal, pendingin kipas (Jet Cooled), Reed Valve, berkapasitas 99,6cc. Dengan modal tersebut, Suzuki Bravo bisa meletupkan tenaga hingga 8,1 HP pada putaran 6.500 rpm dan torsi puncak 1,58 kg-m pada putaran 5.500 rpm serta diklaim mampu meraih kecepatan maksimal 100 km per jam.
Selain itu, motor ini juga telah dibekali dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang lengan ayun double shock. Sementara untuk sistem pengereman, terpasang rem model drum (tromol), baik di roda depan maupun roda belakang. Berikut spesifikasi teknis Suzuki Bravo.
Produksi | 1994-2002 (Facelift) |
Dimensi | 1.860 x 650 x 1.030 mm |
Berat | 81 kg |
Kapasitas Bahan Bakar | 4,5 liter |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Swing Arm, Double Shock |
Rem Depan | Tromol |
Rem Belakang | Tromol |
Ban Depan | 2,25-17” |
Ban Belakang | 2,50-17” |
Tipe Mesin | 2-stroke, Jet Cooled, Reed Valve, silinder tunggal |
Kapasitas Silinder | 99,6cc |
Diameter x Langkah | 52,5 x 46 mm |
Karburator | Mikuni VM 16SH |
Daya Maksimum | 8,1 HP @ 6.500 rpm |
Torsi Maksimum | 1,58 kg-m @ 5.500 rpm |
Sistem Transmisi | Manual 4-speed |
Kopling | Basah, Semi-otomatis, PECS |
Pengapian | CDI |
Baterai | 6 Volt – 5 Ah |
Starter | Electric dan Kick |
Pelumasan 2T | Suzuki CCI |
Pelumasan Mesin | SAE 20-50, 0,9 liter |
Komentar
Posting Komentar