SEJARAH BRAVO RC 100

Suzuki Bravo, Motor Bebek 2-Tak Terlama di Indonesia

 Bravo merupakan model facelift dari RC 100 yang pertama kali dirilis  di era pertengahan 1990-an. Dengan rentang produksi antara tahun 1994 hingga 2002,  Bravo bisa dibilang merupakan generasi  RC dan juga    2-tak yang paling bertahan lama di pasaran Tanah Air.
suzuki bravo - otomotiva.blogspot.com
suzuki bravo – otomotiva.blogspot.com

Sebagai generasi facelift dari Suzuki RC 100, Bravo tidak mengalami beberapa perubahan  bodi yang signifikan. Motor ini masih mengusung lampu depan dengan bentuk kotak, lampu belakang yang sama, serta model jok dengan  garis-garis. Meski begitu, bodi Bravo secara keseluruhan agak berbentuk membulat dan kompak, sedikit berbeda dengan model RC 100 yang terkesan kaku dan kotak.
Untuk sektor jantung pacu, tidak ada perbedaan antara Suzuki Bravo dengan Suzuki RC 100. Suzuki tetap membekali motor ini dengan  tipe 2-stroke, silinder tunggal, pendingin kipas (Jet Cooled), Reed Valve, berkapasitas 99,6cc. Dengan modal tersebut, Suzuki Bravo bisa meletupkan tenaga hingga 8,1 HP pada putaran 6.500 rpm dan torsi puncak 1,58 kg-m pada putaran 5.500 rpm serta diklaim mampu meraih  maksimal 100 km per jam.
Selain itu, motor ini juga telah dibekali dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang lengan ayun double shock. Sementara untuk sistem pengereman, terpasang rem model drum (tromol), baik di roda depan maupun roda belakang. Berikut  teknis Suzuki Bravo.
Produksi1994-2002 (Facelift)
Dimensi1.860 x 650 x 1.030 mm
Berat81 kg
Kapasitas Bahan Bakar4,5 liter
Suspensi DepanTeleskopik
Suspensi BelakangSwing Arm, Double Shock
Rem DepanTromol
Rem BelakangTromol
Ban Depan2,25-17”
Ban Belakang2,50-17”
Tipe Mesin2-stroke, Jet Cooled, Reed Valve, silinder tunggal
Kapasitas Silinder99,6cc
Diameter x Langkah52,5 x 46 mm
KarburatorMikuni VM 16SH
Daya Maksimum8,1 HP @ 6.500 rpm
Torsi Maksimum1,58 kg-m @ 5.500 rpm
Sistem TransmisiManual 4-speed
KoplingBasah, Semi-otomatis, PECS
PengapianCDI
Baterai6 Volt – 5 Ah
StarterElectric dan Kick
Pelumasan 2TSuzuki CCI
Pelumasan MesinSAE 20-50, 0,9 liter

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PERBEDAAN KARBU RACING

SEJARAH VESPA